Posted by : Erdian Syah Thursday, November 24, 2011

Mendoakan  orang lain untuk mendapatkan kebaikan, senyatanya adalah mendoakan diri sendiri untuk mendapatkan hal yang sama. Mendoakan buruk orang lain, pada kenyataannya adalah mendoakan diri sendiri untuk mendapatkan keburukan juga.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa mendoakan orang lain tanpa sepengetahuan orangnya sangat mustajab. para malaikat mendoakan hal yang sama kepada orang yang berdoa tersebut. Bila seseorang mendoakan saudara, teman, tetangga, dan orang muslim lainnya untuk mendapatkan ampunan ari Allah, para malaikat mendahului orang tersebut untuk mendoakan dia agar mendapat ampunan dari Allah sebelum diampuninya mereka. Sementara itu, doa para malaikat adalah pasti dikabulkannya. Sebab, mereka adalah makhluk suci yang doanya akan didengar oleh Allah.

Bila seorang muslim mendoakan orang lain untuk mendapatkan surga, para malaikat mendoakan hal yang sama bagi dirinya. Dipastikan bahwa doa para malaikat akan dikabulkan oleh Allah. Oleh karena itu, hendaklah seoranga muslim tidak pelit untuk mendoakan orang lain yang sesama muslim untuk mendapatkan surga. Toh, pada dasarnya dia mendoakan dirinya sendiri.

Nabi mengajarkan kepada umatnya agar mendoakan sesamanya untuk mendapatkan ampunan, hidayah, dan pertolongan. Nabi pun mengajarkan bahwa bila seseorang mendapatkan kebaikan dari orang lain, hendaklah orang tersebut membalasnya dengan kebaikan yang sama. Bila tidak bisa membalasnya dengan kebaikan yang sama, hendaklah dia mendoakan orang yang bersangkutan.

- Copyright © Penjelajah Kehidupan - Erdian Syah - Powered by Blogger - Designed by Erdian Syah -