Posted by : Unknown Wednesday, November 16, 2011

Suze Orman, seorang pakar keuangan dari Amerika menulis dalam bukunya sebuah kisah yang menarik. Dia menulis:

Saya pernah pergi ke Meksiko dan ada seorang penjual di pasar yang memiliki banyak burung kakak tua untuk dijual. Burung-burung itu sedang duduk di atas kayu tenggeran, tidak ada yang, tidak ada yang ditempatkan di dalam kandang, namun tidak ada satu pun  yang terbang dan pergi. Saya kagum dengan kenyataan bahwa tidak ada seekor pun yang mencoba melarikan diri. Saya bertanya kepada penjual itu, apakah burung-burung ini sangat mencintai bapak sehingga mereka tidak punya keinginan untuk terbang?

Dia tertawa, tidak. Saya telah melatih mereka untuk berpikir bahwa kayu tenggeran ini adalah tempat  yang paling aman  bagi mereka. Saat mereka sudah berpikir seperti ini, secara alami merek 
akan terus menapakkan cakarnya di kayu tenggeran dan tidak mau melepaskannya. Mereka sendiri yang membuat diri mereka terkukung, seolah-olah mereka lupa caranya terbang.

Saya bertanya lagi, bukankah hal itu sulit untuk dilakukan? Dia menjawab, memang susah untuk burung-burung kecil bahkan kadang-kadang tidak mungkin. Namun akan lebih mudah jika melakukannya dengan burung yang lebih besar.

Kita mirip dengan burung-burung itu. Kita semua telah diajari untuk memegang uang se erat mungkin, seakan-akan uang adalah kayu tenggeran dari rasa keselamatan dan rasa aman. Seperti layaknya burung-burung ini, kita sudah lupa akan kebebasan yang kita miliki dengan atau tanpa kayu tenggeran ini. Semakin kita merasa takut, semakin erat pegangan kita dan semakin dalam kita telah memerangkap diri kita sendiri.

Saat saya menyadari hal ini, saya bertanya kepada sang penjual bagaimana dia melepaskan kebiasaan ini. Mudah, katanya. Anda hanya menunjukkan kepada mereka bagaimana caranya melepaskan cengkeraman mereka dan mereka bisa terbang bebas. Lalu bagaimana kita bisa melepaskan cengkeraman kita atas uang-uang yang kita miliki?... 

- Copyright © Penjelajah Kehidupan - Erdian Syah - Powered by Blogger - Designed by Erdian Syah -